loading...

Tepung Beras (Oryza Sativa)

Tepung Beras (Oryza Sativa) merupakan bahan pokok yang sangat penting dalam pembuatan kue-kue tradisional Indonesia seperti; kue apam, nagasari, talam, dll. Tepung beras adalah tepung yang di hasilkan dari proses penggilingan atau penumbukan beras (Oryza sativa). Cara menggiling beras menjadi ada 2, yaitu cara basah dan cara kering. Namun kedua cara ini memiliki prinsip yang sama, yaitu menghancurkan beras hingga menjadi bubuk putih yang halus. Kehalusan tepung yang di peroleh akan berpengaruh pada sifat-sifat fungsional tepung itu sendiri. Tepung yang ukurannya lebih halus penyerapan airnya lebih tinggi. Pati dari tepung yang butirannya lebih kasar tidak mudah rusak di bandingkan dengan tepung halus. Tepung beras yang kering sempurna lebih tahan lama daripada tepung beras yang lembab atau tidak kering sempurna. 

Dulu, untuk mendapatkan tepung beras, biasa di lakukan dengan cara merendam beras selama beberapa jam, diatuskan hingga lembab lalu menggilingnya. Tapi sekarang tepung beras sangat mudah di peroleh di pasaran. Meski survey membuktikan, kalaiu kualitas kue yang di hasilkan lebih bagus jika menggunakan tepung yang baru di giling daripada tepung yang di beli di pasaran yang sudah tersimpan lama.

Tepung beras akan mudah rusak jika proses pengeringannya tidak sempurna. Selain proses karena proses pengeringan yang tidak sempurna, kerusakan tepung beras juga di pengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti faktor internal (penyosohan beras yang kurang bersih dan masih mengandung bekatul) dan faktor ekternal (kadang air, suhu dan lama penyimpanan).

Tip khusus dalam pemakaian tepung beras sebagai bahan dasar kue agar kue yang di hasilkan tidak mengecewakan :
  • Sebaiknya menggunakan tepung yang halus dan baru ditumbuk. 
  • Agar tepung tidak cepat menjadi asam, letakkan beberapa lombok merah utuh atau sobekan-sobekan daun pisang di dalam tepung.
  • Adonan dari tepung beras sebaiknya dibuat dengan menggunakan cairan panas agar kue yang dihasilkan tidak keras dan adonan tidak mengendap kecuali adonan yang harus difermentasi menggunakan tape dan ragi
  • Untuk adonan dari tepung beras jenis keras, tambahkan sedikit tepung kanji supaya tidak kaku.
  • Memasak kue dari tepung beras harus sampai tanak betul agar enak, kenyal dan tidak cepat basi.
  • Jika tepung ingin di simpan, harus dalam kondisi kering sempurna agar tidak apek dan tahan lama.
Bagikan :
0 Comments for "Tepung Beras (Oryza Sativa)"
Loading...
Loading...
Back To Top