Uji Threshold (Ambang Rangsangan): Konsep dan Definisi.

Teknologi Makanan - Uji Threshold (Ambang Rangsangan): Konsep dan Definisi. Uji Threshold adalah salah satu jenis uji organoleptik yang berhubungan dengan indera pengecap atau lidah sebagai penentu rasa. Ada 5 komponen rasa yang di tentukan dengan menggunakan uji threshold, yaitu rasa manis, asin, asam, pahit dan gurih (umami). 

Dalam teknologi makanan, uji threshold merupakan indikator penting untuk mengetahui tingkat kesukaan konsumen terhadap rasa suatu makanan. Mengapa menjadi begitu penting? Karena indera pengecap memungkinkan kita memilih makanan sesuai dengan keinginan dan kesukaan serta sesuai dengan kebutuhan jaringan akan subtansi nutrisi tertentu. 

Uji threshold dapat menjadi penentu apakah suatu makanan di sukai atau tidak di sukai. Secara umum, Kesukaan atau favorit merupakan gabungan dari organoleptik yang meliputi warna, tektur, penampakan dan rasa. Kesukaan akan mempengaruhi apakah suatu produk dapat di terima konsumen atau tidak. Karena itu, sebelum suatu produk di lempar ke pasaran biasanya akan di lakukan uji organoleptik yang salah satunya adalah uji threshold atau uji ambang rangsangan

Ada konsumen yang menilai suatu produk secara organoleptik penuh yaitu di lihat secara penyeluruh seperti warna, tekstur, rasa dan penampakan produk secara keseluruhan. Tapi ada juga konsumen yang cukup puas dengan menilai rasanya saja, dan tidak perduli dengan tekstur, warna atau penampakan secara keseluruhan. Dan produsen memiliki kemampuan untuk menonjolkan apa yang paling istimewa dari produknya. Biasanya, produk makanan yang memiliki rasa lezat tapi tampilannya kurang menarik akan di bungkus rapat dengan bungkusan yang menarik dan memberi sugesti pada konsumen. meski konsumen tidak bisa melihat langsung.


Metode pengujian threshold  merupakan salah satu metode pengujian oleh panelis dalam penentuan sensitivitas. Metode ini digunakan untuk menentukan tingkat konsentrasi terendah suatu substansi yang dapat dideteksi  (absolute threshold) atau perubahan konsentrasi terkecil suatu substansi yang dapat dideteksi perubahannya (difference threshold).

Uji threshold atau ambang rangsangan adalah suatu konsentrasi bahan terendah yang mulai mendapatkan kesan yang wajar. Ambang rangsangan terdiri dari 4 macam yaitu: ambang mutlak, ambang pengenalan, ambang pembedaan dan ambang batas. Ambang mutlak adalah sejumlah ukuran rangsangan terkecil yang berhasil mendapatkan kesan, ambang pengenalan adalah bila jenis rangsangan terkecil tersebut sudah dapat dikenali, ambang pembedaan adalah perbedaan terkecil (konsentrasi) dari dua rangsangan yang dapat dikenali adanya perbedaan dan ambang batas adalah konsentrasi terkecil dimana didapat kesan maksimum.

Konsep uji Threshold pada dasarnya adalah mengenali rasa atau komponen citarasa dari suatu makanan. Selain itu juga untuk mengathui reaksi seseorang setelah menelan suatu makanan. Uji ambang rangsangan sangat penting karena dengan melakukan pengujian itu produsen dapat mengetahui reaksi konsumen terhadap rasa makanan yang di produksinya.

Untuk mengetahui bagaimana uji threshold atau uji ambang rangsangan dapat di lihat dalam Panduan PraktikumUji Threshold / uji ambang rangsangan

Bagikan :
0 Comments for "Uji Threshold (Ambang Rangsangan): Konsep dan Definisi."
Loading...
Loading...
Back To Top