Kimia Lemak dan Minyak

kimia lemak minyak Kimia Lemak dan Minyak. Minyakdan Lemak adalah istilah umum untuk semua cairan organik yang tidak larut/bercampur dalam air(hidrofobik) tetapi larut dalam pelarut organik. Minyak adalah istilah untuk lipid yang bukan berasal dari hewan. Sedangkan  Lemak secara khusus menjadi sebutan bagi minyak hewani pada suhu ruang, lepas dari wujudnya yang padat maupun cair, yang terdapat pada jaringan tubuh yang disebut adiposa.

Minyak dan lemak termasuk salah satu anggota dari golongan lipida. Lipid itu sendiri di klasifikasikan menjadi 4 yaitu: Lipid Netral, Fosfalipid, Spingolipid dan Glikolipida.
  • Lipid netral adalah trigliserida yang terbuat dari 3 asam lemak dikaitkan dengan gliserol dan tidak memiliki kelompok kutub.
  • Spingolipid adalah kelompok lipid yang struktur utamanya adalah rantai panjang amino alkohol sphingosin.
  • Fosfalipid adalah kelompok lipid yang pada gugus asam lemaknya mengandung senyawa phosphat.
  • Glikolipida adalah suatu lipida kompleks yang mengandung senyawa karbohidrat.
Lemak dan minyak merupakan senyawaan trigliserida atau triasgliserol, yang berarti “triester dari gliserol” . Jadi lemak dan minyak juga merupakan senyawaan ester. Hasil hidrolisis lemak dan minyak adalah asam karboksilat dan gliserol . Asam karboksilat ini juga disebut asam lemak yang mempunyai rantai hidrokarbon yang panjang dan tidak bercabang.

Kimia lemak dan minyak adalah sebuah subject dalam pelajaran lemak dan minyak yang mempelajari tentang ikatan kimia serta sifat-sifat lemak dan minyak baik secara kimia maupun secara fisik.
Bagikan :
0 Comments for "Kimia Lemak dan Minyak"
Loading...
Loading...
Back To Top