Prosedur Analisa penentuan Kadar lemak dan Minyak

Prosedur Penentuan kadar lemak dan minyak

adalah suatu analisa yang diperlukan untuk menentukan jumlah lemak atau minyak yang terkandung dalam suatu bahan pangan. Prosedur analisa kadar lemak dan minyak ada 2 cara, yaitu:
  1. Prosedur Analisa kadar lemak dan minyak dengan Soxhlet
  2. Prosedur Analisa kadar lemak dan minyak dengan Goldfisch

Berikut adalah cara-cara prosedur analisa penentuan kadar lemak dan minyak

1. Prosedur Analisa penentuan kadar lemak dan minyak dengan Soxhlet Extraction

  • Timbang dengan teliti 2 gr bahan yang akan dianalisa, lalu dihaluskan dan keringkan ( sebaiknya yang dapat lewat 40 mesh)
  • alirkan air pendingin melalui kondensor
  • Pasang tabung ekstraksi pada alat distilasi Soxhlet dengan pelarut petroleum ether secukupnya selama 4 jam. Setelah residu dalam tabung ekstraksi diaduk, ekstraksi dilanjutkan lagi selama 2 jam dengan pelarut yang sama.
  • Petroleum ether yang telah mengandung ekstrak lemak dan minyak dipindahkan ke dalam botol timbang yang bersih dan diketahui beratnya kemudian uapkan dengan penangas air sampai agak pekat. Teruskan pengeringan dalam oven 100'C sampai berat konstan.
  • Setelah kering dan dingin dan timbang. Berat residu dalam botol timbang dinyatakan sebagai berat lemak dan minyak.

2. Prosedur Analisa penentuan Kadar lemak dan Minyak dengan cara Goldfisch

  • Timbang kira-kira 5 g bahan kering dan halus dan pindahkan ke dalam kertas saring atau kertas aluminium (aluminium foil) yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membungkus bahan dan dapat masuk dalam thimble, yaitu pembungkus bahan yang terbuat dari alumina yang porous.
  • Pasang bahan dan thimble pada sample tube, yaitu gelas penyangga yang bagian bawahnya terbuka, tepat dibawah kondensor alat distilasi Goldfisch.
  • Masukan pelarut, isalnya petroleum-ether secukupnya (paling banyak 75 ml) dalam gelas piala khusu yang telah diketahui beratnya. Pasanglah piala berisi pelarut ini pada kondensator sampai tepat dan tak dapat diputar lagi.
  • Jangan lupa mengalirkan air pendingin pada kondensor. Naikkan pemanas listrik sampai menyentuh bagian bawah gelas piala dan nyalakan pemanas listriknya.
  • Lakukan ekstraksi selama 3-4 jam. lalu matikan pemanas listriknya dan turunkan. Setelah tidak ada tetesan pelarut, ambillah thimble dan sisa bahan dalam gelas peyangga.
  • Pasanglah gelas piala penampung pelarut (solvent-recovery-tube) ditempat gelas peyangga tadi. Gelas piala yang berisi pelarut dan minyak yang terekstraksi, dipasang lagi dan dilanjutkan pemanasan sampai semua pelarut menguap dan tertampung dalam gela spiala penampung pelarut. Pelarut yang tertampung dapat digunakan lagi.
  • Lepaskan gelas piala yang berisi minyak dari alat distilasi dan lanjutkan pemanasan diatas alat pemanas sampai berat konstan. Timbang berat minyak dan hitunglah persen minyak dalam bahan.
Untuk menentukan kadar lemak dan minyak dalam bahan makanan yang diuji, tinggal membagi berat awal sebelum ekstraksi dan berat residu di kali 100 % . Mudah bukan? Silahkan mencoba! semoga bermanfaat.

Source: Buku Prosedur analisa bahan makanan dan pertanian, Liberty Yogjya.
Bagikan :
0 Comments for "Prosedur Analisa penentuan Kadar lemak dan Minyak"
Loading...
Loading...
Back To Top