Gandum dan Tepung Terigu

gandum

Gandum ( (Triticum spp.) dan tepung terigu adalah nama untuk bahan pangan yang sama. Seperti Padi dan Beras. Gandum adalah bahan pembuat tepung terigu yang merupakan sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum dapat menjadi makanan pokok manusia, pakan ternak dan bahan industri yang mempergunakan karbohidrat sebagai bahan baku. Seperti pada pembuatan roti, mie, dan berbagai jenis kue.

Menurut teksturnya gandum di klasifikasikan menjadi 3



  • T. aestivum (hard wheat) adalah spesies gandum yang paling banyak ditanam di dunia dan banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti karena mempunyai kadar protein yang tinggi. Gandum ini mempunyai ciri-ciri kulit luar berwarna coklat, bijinya keras, dan berdaya serap air tinggi. Setiap bulir terdiri dari dua sampai lima butir gabah.


  • T. compactum (soft wheat) merupakan spesies yang berbeda dan hanya sedikit ditanam. Setiap bulirnya terdiri dari tiga sampai lima buah, berwarna putih sampai merah, bijinya lunak, berdaya serap air rendah dan berkadar protein rendah. Jenis gandum ini biasanya digunakan untuk membuat biskuit dan kadang-kadang membuat roti.


  • T. durum (durum wheat) merupakan jenis gandum yang khusus. Ciri dari gandum ini ialah bagian dalam (endosperma) yang berwarna kuning, bukan putih, seperti jenis gandum pada umumnya dan memiliki biji yang lebih keras, serta memiliki kulit yang berwarna coklat. Gandum jenis ini digunakan untuk membuat produk-produk pasta, seperti makaroni, spageti, dan produk pasta lainnya.


Setelah diproses dan di giling gandum akan berubah menjadi tepung terigu yang siap untuk di jadukan bahan baku pembuatan makanan.


Tepung terigu adalah tepung atau bubuk halus yang berasal dari bulir gandum. Kata terigu  diserap dari bahasa Portugis, trigo, yang berarti "gandum".  Tepung terigu mengandung banyak zat pati, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Tepung terigu juga mengandung protein dalam bentuk gluten, yang berperan dalam menentukan kekenyalan makanan yang terbuat dari bahan terigu. Tepung gandum juga berasal dari gandum, bedanya terigu berasal dari biji gandum yang dihaluskan, sedangkan tepung gandum utuh (whole wheat flour) berasal dari gandum beserta kulit arinya yang ditumbuk.

Jenis tepung terigu



  • Tepung berprotein tinggi (bread flour): tepung terigu yang mengandung kadar protein tinggi, antara 11%-13%, digunakan sebagai bahan pembuat roti, mi, pasta, dan donat.


  • Tepung berprotein sedang/serbaguna (all purpose flour): tepung terigu yang mengandung kadar protein sedang, sekitar 8%-10%, digunakan sebagai bahan pembuat kue cake.


  • Tepung berprotein rendah (pastry flour): mengandung protein sekitar 6%-8%, umumnya digunakan untuk membuat kue yang renyah, seperti biskuit atau kulit gorengan ataupun keripik.


related:


Source: Indofood.com, id.wkipedia.org
Bagikan :
0 Comments for "Gandum dan Tepung Terigu"
Loading...
Loading...
Back To Top