loading...

Vitamin A : Retinol dan Beta karoten

Loading...
Vitamin A adalah salah satu jenis Vitamin yang aktif dan sangat penting untuk kesehatan mata. Karena itu Vitamin A juga di kenal sebagai 'Vitamin untuk Mata". Vitamin A mudah larut dalam lemak dan dalam tubuh disimpan dalam hati. Karena stok nya ada dalam tubuh, maka asupan Vitamin A tidak perlu di lakukan setiap hari secara terus menerus. Karena kelebihan vitamin A dapat menyebabkan keracunan. Batas aman asupan vitamin A perhari adalah 7.500 mcg untuk wanita dan 9.000 mcg untuk pria.

Secara Umum, Vitamin A terdiri dari 2 jenis, yaitu Pro Vitamin A dan Vitamin A pra-bentuk (Vitamin A/Retinol). 

Pro vitamin A adalah zat yang menjadi sumber vitamin A. Setelah masuk kedalam tubuh, zat ini akan di ubah menjadi Vitamin A. Tumbuhan tidak bisa memproduksi vitami A, tapi zat-zat yang di butuhkan untuk pembentukan Vitamin A berasal dari tumbuhan (Anonymous). Contoh Pro Vitamin A yang paling populer adalah Beta Karoten.  Beta karoten akan di ubah oleh tubuh menjadi bentuk Vitamin A yang aktif yaitu Retinol. 

Jadi jika dalam komposisi suatu produk olahan di sebutkan ada kandungan Beta karotennya, itu artinya produk tersebut mengandung Pro-vitamin A. Tapi jika ada kandungan Retinol nya, artinya terdapat vitamin A aktif dalam bahan pangan tersebut yang bisa di serap tubuh secara instan.

Secara bentuk, setidaknya ada 4 bentuk vitamin A , yaitu:

  • Vitamin A Alkohol (Retinol)
  • Vitamin A Aldehide (Retinal)
  • Vitamin A asam (Asam Retinoat)
  • Vitamin A ester (Ester Retinil)
Vitamin A pada umumnya stabil terhadap panas, asam dan alkali. Tapi sangat mudah teroksidasi oleh udara dan bisa rusak di panaskan dalam suhu tinggi dan terpapar pada udara, sinar dan lemak yang sudah tengik.

Penentuan kadar Vitamin A alam bahan pangan di lihat dari jumlah Vitamin yang aktif. Keaktifan vitamin A dalam bahan pangan di nyatakan persamaan berikut ini:
Aktivitas Retinol=  µg Retinol + ( µg β-Karoten/6)
Betaa karoten adalah sumber Vitamin A yang berasal dari tumbuhan. Perubahan Beta karoten menjadi Vitamin A terjadi dalam dindin Mukosa usus kecil manusia. Dari hasil penelitian, setiap 6 µg β-Karoten sama aktifnya dengan  1 µg Retinol. Karena itu aktivitas Vitamin A dalam makanan dinyatakan sebagai ekuivalen retinol.

Manfaat Vitamin A

Bagikan :
0 Comments for "Vitamin A : Retinol dan Beta karoten"
Back To Top