loading...

Definisi Menggoreng dan Tujuan menggoreng.

Loading...
Definisi Menggoreng dan Tujuan menggoreng. Menggoreng adalah teknik memasak kering dengan media penghantar berupa minyak makan yang di panaskan. Mimyak makan yang digunakan bisa berupa minyak nabati atau minyak hewani.  Tapi secara umum, proses menggoreng menggunakan  minya nabati, karena lebih ekonomis dan mudah didapat. Menggoreng merupakan proses pengolahan makanan dengan cara merendam makanan dalam minyak panas yang temperaturnya berada di atas titik didih air. Suhu minyak penggorengan biasanya berkisar antara 130 - 190oC. Meski suhu rata-rata yang umum di gunakan untuk menggoreng antara 170-190oC.

Menggoreng merupakan suatu proses yang komplek yang melibatkan transfer panas dan transfer massa antara media dan air yang ada di permukaan bahan pangan yang d goreng. Proses transfer panas dan massa itu terjadi secara difusi. Prinsipnya pun sangat sederhana.

Bahan pangan yang di goreng pun biasanya di kategorikan menjadi 3, yaitu bahan kering,  bahan basa, bahan semi kering dan semi basa. Contoh bahan kering adalah kerupuk, keripik mentah, dll. Contoh Bahan bsa dapat berupa pisang, tahu, dlln. Sedangkan bahan semi kering, contohnya: tempe.


Tujuan menggoreng
Sebagai salah satu proses pengolahan makanan, menggoreng mempunyai satu tujuan utama, yaitu memasakkan bahan pangan dan sebagai upaya untuk mengawetkan makanan tersebut.
Selain tujuan utama tersebut, menggoreng juga punya tujuan lain, diantaranya:
  • Memperbaiki tektur,
  • Menambah dan memperbaiki citarasa,
  • Menghentikan aktivitas enzim
  • Menurunkan aktivitas air (aw)
  • Memembunuh bakteri patogen
  • Meningkatkan daya simpan makanan
Namun demikian, tidak semua bahan pangan yang di goreng memiliki daya simpan yang baik. Umur simpan produk hasil penggorengan ditentukan oleh kandungan minyak dalam bahanpangan  yang digoreng. Produk yang banyak mengandung minyak umumnya memiliki umur simpan yang relatif pendek misalnya donat, produk ikan maupun produk ternak. Produk yang dikeringkan melalui proses penggorengan misalnya keripik kentang, akan memiliki umur simpan hingga 12 bulan pada penyimpanan suhu ruang terlebih jika didukung dengan kemasan yang baik.


Jadi menggoreng saja, tidak akan membuat bahan pangan memiliki daya simpan tinggi. Tapi perlu ada perlakuan khusus setelah di goreng, seperti suhu penyimpanan dan kemasan yang di gunakan.
Bagikan :
0 Comments for "Definisi Menggoreng dan Tujuan menggoreng."
Back To Top