loading...

Labu Ukur atau Volumetric flask

Loading...
macam-macam labu ukur atau volumetric flask
Labu Ukur atau Volumetric Flask.  Macam-macam labu ukur. Fungsi labu ukur. Labu ukur adalah alat laboratorium yang berbentuk seperti buah pear dengan bagian bawah berbentuk datar dan leher yang panjang dan mulut yang bersekru. Labu ukur biasanya terbuat dari bahan plastik atau glasss yang transparan dan tembus pandang. Mulut labu yang berskeru berfungsi untuk menampung penutup bersekrup yang biasanya terbuat dari plastik dengan ukuran yang sesuai dengan lebar mulut labu sehingga labu ukur dapat tertutup dengan baik dan cairan di dalamnya tidak mudah tumpah. Perut dan leher labu ukur di lengkapi dengan garis-garis melingkar yang menunjukan volume yang terkandung ketika bahan di isikan hingga sama persis dengan salah satu garis-garis tersebut. Di badan labu juga di ikutkan keterangan tentang volume labu ukur, toleransi, presisi, standar manufaktur yang relevan hingga logo produsen. 
Fungsi Labu Ukur / Volumetric flask
Fungsi labu ukur adalah untuk mengencerkan dan mempersiapkan larutan standar. Banyak bahan kimia laboratorium dibeli dalam bentuk larutan yang pekat karena inilah cara pembelian yang paling ekonomis. Tetapi biasanya bahan kimia ini terlalu pekat untuk langsung digunakan sehingga harus diencerkan terlebih dahulu. Proses pengenceran melibatkan pencampuran suatu larutan pekat dengan pelarut tambahan untuk memberikan volume akhir yang lebih besar. Selama proses ini, jumla mol larutan tetap, dan hanya volumenya yang bertambah. Cara mengencerkan larutan dengan menggunakan labu ukur adalah sebagai berikut:
  • Zat terlarut ditimbang teliti ke dalam labu ukur.
  • Tambahkan air suling kedalam labu ukur hingga berimpit dengan garis pada badan atau labu sesuai dengan volume yang di inginkan, untuk menjaga akurasi, gunakan pipet tetes saat menambahkan air kedalam labu ukur.
  • Lalu labu ukur yang telah berisi larutan di sumbat dengan penutupnya, kemudian di goyang-goyang secara melingkar hingga larutan tercampur secara merata tetapi tidak terbentuk busa.
Macam-macam Labu ukur
Jenis labu ukur di bedakan berdasarkan besar volume. Semakin besar volume, maka semakin besar ukuran labu ukur tersebut. Hingga saat ini, di laboratorium seringkali kita temukan labu ukur dari berbagai ukuran, dari mulai ukuran kecil seperti 1 ml hingga 1000 ml.


Bagikan :
Back To Top