loading...

Bahan-bahan untuk membuat Mi

Loading...
Bahan-bahan untuk membuat mi. Mie Instan sudah merupakan makanan yang populer di semua golongan. Selain praktis juga mengenyangkan. Mie telah di konsumsi dan menjadi makanan pokok bangsa asia selama ribuan tahun, terutama di Cina dan Jepang lalu diperkenalkan ke Eropa oleh Marcopolo. Mie merupakan salah satu jenis makanan yang dibuat dengan bahan terigu, air dan garam. Bahan pembuat mie dapat digolongkan menjadi 2, yaitu bahan utama dan bahan tambahan.

Bahan-bahan pembuat mi

Bahan pembuat mie, antara lain:
1. Tepung Terigu
Tepung terigu merupakan bahan utama dalam pembuatan mi, yaitu sekitar 90% dari total bahan padatan dalam mie. Tepung terigu tersusun dari berbagai komponen heterogen. Salah satunya protein. Tepung terigu yang digunakan dalam pembuatan mie biasanya berkadar protein 10-12%.

2. Air
Air merupakan komponen penting dalam proses pembentukan adonan mi. Sifat adonan dan mutu produk mi yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh perbandingan air dan tepung. Hal ini dimungkinkan karena air berfungsi untuk membasahi dan melunakan gluten sehingga dapat dibentuk lembaran. Air juga berperan melarutkan bahan-bahan tambahan mi. serta membantu terjadinya gelatinisasi pati.

3. Garam
Garam mempunyai fungsi menguatkan gluten pada adonan sehingga dapat memperkuat mi yang dihasilkan. Efek tersebut timbul karena terjadinya interaksi antara garam dan protein, dimana selanjutnya garam dapat enzim proteolitik. Disamping itu garam juga mengontrol konsistensi adonan yang terhantung pada suhu adonan.

4. Larutan Alkali
Larutan alkali biasa ditambahkan dalam jenis mi Cina. Larutan tersebut terdiri dari garam-garam karbonat dan fisfat. Pemberian larutan alkali akan meningkatkan elastisitas mi yang dihasilkan. Warna adonan menjadi kekuningan, akibat terjadi reaksi antara alkali dengan pigeman flavanoid dari tepung terigu.

5. Pewarna
Pada umumnya mi berwarna kuning, konsep ini yang telah tertanam sejak dahulu. Untuk memperoleh warna yang sesuai dengan selera konsumen tersebut sering ditambahkan pewarna makanan dengan jenis yang diijinkan oleh pemerintah. Penambahan pewarna ini dilakukan dalam jumlah sangat kecil dan berada dibawah ambang batas yang telah ditetapkan.

7. Telur
Penambahan telur akan mempengaruhi tekstur mi karena putih telur akan terdenaturasi selama proses pengukusan dan pengorengan. Selain itu putih telur akan membentuk lapisan film yang dapat mencegah penyerapan minyak selama pengorengan. Untuk mengetahui cara membuat mi dapat di baca di cara membuat mie.
Bagikan :
0 Comments for "Bahan-bahan untuk membuat Mi"
Back To Top