loading...

Prosedur Analisa penentuan Bilangan Asam | Analisa Lemak dan Minyak

Loading...

Bilangan Asam

atau angka asam adalah jumlah miligram KOH (Kalium Hidroksida) yang dibutuhkan untuk menetralkan asam-asam lemak bebas dari satu gram minyak atau lemak. Bilangan Asam dipergunakan untuk mengukur jumlah asam lemak bebas yang terdapat dalam lemak dan minyak.

Prosedur Analisa Penentuan Bilangan Asam / Angka Asam
  • Timbang lebih kurang 20 gram lemak minyak, masukan kedalam tabung Erlenmeyer, tambahkan 50 ml alkohol netral 95%. setelah ditutup dengan pendingin balik, panaskan sampai mendidih dan digojog kuat-kuat untuk melarutkan asam lemak bebasnya.
  • Setelah dingin, larutan lemak dititrasi dengan 0,1 N larutan KOH standar memakai indikator Phenolphalein (PP). Akhir titrasi tercapai apabila terbentuk warna merah muda yang tidak hilang selama 1/2 menit. Apabila cairan yang dititrasi berwarna gelap dapat ditambahkan pelarut yang cukup banyak dan atau dipakai indikator Bromothymol-blue sampai berwarna biru.
  • Bilangan Asam atau Angka Asam dinyatakan sebagai mg (milligram) KOH yang dipakai untuk menetralkan asam lemak bebas dalam 1 g lemak atau minyak.
  • Perhitungan penentuan Bialangan Asam / Angka Asam = ml KOH x N KOH x 56,1 / berat bahan (g)
  • Apabila bahan analisa banyak mengandung asam lemak bebas, maka berat bahan yang akan dianalisa dapat dikurangi.
Dari Prosedur analisa penentuan biangan asam diatas terdapat angka faktor 56,1. Angka tersebut adalah berat atau bobot molekul KOH yang digunakan sebagai larutan titrasi. Apabila larutan Titrasinya menggunakan NaOH. maka angka faktor 56,1 tadi harus diganti menjadi 39.9, yang merupakan bobot molekul NaOH.
Bagikan :
0 Comments for "Prosedur Analisa penentuan Bilangan Asam | Analisa Lemak dan Minyak"
Back To Top