loading...

Jenis-jenis tepung terigu dan penggunaanya

Loading...

Tepung terigu ( wheat flour )

adalah bahan pangan nabati berbentuk butiran lembut dan halus hasil dari pengilingan gandum (flour mild). Di dunia ini ada banyak jenis tepung. Tapi yang namanya tepung terigu adalah tepung yang berasal dari biji gandum (wheat) . Seperti kita ketahui, setiap tepung selalu diberi nama sesuai dengan bahan asalnya. Misal tepung beras, artinya tepung yang dibuat dari beras , tepung ketan adalah tepung yang dibuat dari tepung ketan, tepung jagung adalah tepung yang berasal dari jagung, dll.

Tepung Terigu merupakan bahan utama dalam pembuatan produk pangan seperti roti, cake, biskuit dan mi. Di beberapa tempat dibelahan bumi, tepung terigu / tepung gandum bahkan menjadi makanan pokok menggantikan beras. Berdasarkan kadar protein yang dikandungnya, tepung terigu digolongkan menjadi 3 jenis.

Jenis-jenis tepung terigu

  1. Tepung terigu protein tinggi mempunyai kadar protein minimal 11%, biasanya digunakan dalam pembuatan roti
  2. Tepung terigu protein sedang mempunyai kadar protein antara 9.5%-11%, tepat sekali jika digunakan dalam pembuatan mie dan berbagai jenis panganan lain yang memerlukan terigu sebagai bahan bakunya. Tepung terigu protein sedang adalah tepung terigu multi purpose yang banyak di gunakan di masyarakat.
  3. Tepung terigu protein rendah mempunyai kadar protein antara 7-8% seringkali digunakan dalam pembuatan cake dan cookies
Pada saat ini tepung terigu diproduksi sesuai dengan keinginan pasar/pelanggan atau dengan istilah yang lebih dikenal dengan tailor made product. Tepung terigu yang berada di pasaran tidak hanya terfokus pada tiga penggolongan tepung terigu yang disebutkan di atas, tetapi sudah berkembang pula ke arah penggunaan yang lebih khusus, atau yang lebih dikenal sebagai tepung spesial, contoh tepung khusus untuk bapau, biskuit, lumpia, dan sebagainya, pelanggan tinggal memilih sesuai dengan kebutuhannya.
Bagikan :
0 Comments for "Jenis-jenis tepung terigu dan penggunaanya"
Back To Top