loading...

Cara menghilangkan bau amis | Food Technology

Loading...

Cara menghilangkan Bau Amis

merupakan suatu hal yang harus diketahui jika kita ingin memasak bahan pangan hewani terutama ikan. Ada banyak cara menghilangkan bau amis pada ikan, salah satunya adalah dengan menambahkan serbuk kunyit (turmeric) ataupun Jeruk Nipis. Namun yang akan dijelaskan disini adalah cara menghilangkan bau amis pada ikan dengan cara mengetahui bagian mana dari ikan yang menyebabkan bau amis dan perlakuan yang harus diterapan untuk menghilangkan bau amis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan sebelum dimasak;

Cara menghilangkan bau amis pada ikan (untuk dimasak goreng atau bakar)

1. Untuk ikan utuh, setelah dipotong kepalanya dan diambil kotorannya di bagian depan, belah dan lihatlah bagian depan (dekat dengan tempat kotoran ikan itu - di bagian kepala ikan bawah). Ada garis berwarna hitam, itulah sumber dari amisnya ikan. Gunakan tissue dapur kering, bersihkan hitam2 tersebut.
2. Gunakan air yang telah dicampur dengan garam (dengan kadar garam 30%), cuci bersih ikan sampai ke dalam2nya, terutama bagian yang ada hitam2nya tadi.
3. Keringkan ikan dengan tissue dapur sampai kering.
4. Cuci pisau dengan menggunakan air garam tadi sebelum digunakan untuk memotong ikan. Kemudian, potong2 ikan sesuai selera.
5. Taburi potongan ikan tersebut dengan garam di kedua sisinya. Diamkan selama kurang lebih 10menit. Minyak dari ikan tersebut akan keluar, keringkan dengan tissue dapur, ini juga merupakan sumber amisnya.
6. Bisa juga dengan mengolesi daging ikan air jeruk nipis. Setelah itu, bumbui dan masak sesuai selera Anda!

Cara menghilangkan bau amis pada ikan (untuk dimasak sup):

1. Didihkan air, masukkan tulang ikan mentah. Aduk2 sebentar selama 20 detik saja. Angkat tulang ikan.
2. Letakkan tulang ikan tersebut di dalam air dingin/es supaya bau amisnya hilang.
3. Bumbui kuah ikan tersebut sesuai selera. Kemudian, masukkan tulang ikan (dari dalam air dingin tadi) ke dalam panci berisi kuah ikan lagi.
4. Tambahkan 2 sendok makan (atau secukupnya) sake atau soju atau sejenis minuman beralkohol lainnya yang tidak berasa ke dalam kuah ikan.
5. Bisa juga tambahkan sepotong jahe. Kuah dijamin tidak akan amis lagi!

Demikianlah salah satu cara menghilangkan bau amis pada ikan yang disadur dari dapur si cantik.blogspot.com. Semoga bermanfaat.

src:http://dapur-si-cantik.blogspot.com/2008/03/tips-menghilangkan-bau-amis-pada-ikan.html
Bagikan :
0 Comments for "Cara menghilangkan bau amis | Food Technology"
Back To Top