loading...

Kimia Air

Loading...
Kimia Air atau Water Chemistry adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pembentukan air dan unsur-unsur yang menjadi penyusunnya. Seperti kita ketahui bahwa Air atau water (in english) merupakan penyusun utama dan selalu ada dalam setiap bahan pangan. Yang membedakan antara bahan pangan yang satu dan yang lain hanyalah kandungan air didalamnya.

Sebuah molekul air terdiri dari sebuah atom oksigen yang berikatan kovalen dengan dua atom hidrogen. Hidrogen dan oksigen mempunyai daya padu yang sangat besar antara keduanya. Inilah keunikan air. Rangkaian jarak atom-atomnya memiliki kecocokan yang begitu sempurna sehingga air menjadi senyawa alam yang paling mantap dan hanya bisa diuraikan oleh perantara yang paling agresif seperti energi listrik dan atau oleh suatu reaksi kimia.

Secara ilmu kimia atau Chemistry dijabarkan bahwa atom Oksigen mempunyai sebuah inti dengan delapan proton dan delapan elektron yang terdapat dalam 2 kulit elektron (electron skin). Kulit elektron bagian dalam berisi dua electron sementara kulit electron bagian luar berisi 6 elektron sehingga masih membutuhkan 2 elektron lagi untuk menjadi senyawa yang mantap. Sedangkan atom Hidrogen mempunyai kulit electron tunggal disekeliling intinya yang hanya berisi satu elektron. Oleh karena itu untuk bisa membentuk suatu senyawa diperlukan 2 atom Hidrogen untuk mengisi kekurangan 2 electron pada atom Oxygen. Sehingga hasil senyawa yang terbentuk yaitu molekul air menjadi senyawa yang mantap dan padu.
Bagikan :
0 Comments for "Kimia Air"
Back To Top